Membangun Pertanian Ala Mie Instant



 http://cdn.klimg.com/vemale.com/p/mie_instan_-_personal.psu.jpg
Apa yang nikmat dari mie instant. Aromanya menggoda. Cepat diseduh. Cepat mengenyangkan. Hanya saja jika dikonsumsi secara berlebihan tidak baik bagi kesehatan. Sehingga  menikmati mie instant hanya disarankan untuk sesekali atau menjadi penganjal perut yang sedang lapar. Tentu saja apa saja yang sifatnya instant terlihat menggairahkan namun tidak selalu sebaik apa yang terlihat.
Sepiring nasi rames tentu saja lebih menyehatkan daripada semangkuk mie instant. Dan, segelas kopi specialty yang digiling dari biji kopi terbaik akan lebih nikmat daripada kopi instant. Hanya  membuat nasi rames dan membuat segelas kopi specialty terbaik membutuhkan waktu dan keahlian.
Ternyata virus instanisasi tidak hanya menjangkiti berbagai makanan yang kita santap. Namun, juga seringkali juga menyebar hingga pada pola pikir kita dalam membangun pertanian khususnya untuk meraih kedaulatan pangan.
Mari kita lihat apa yang dilakukan Kementerian Pertanian dalam mewujudkan ketahanan pangan. Berdasarkan data dari Departemen Keuangan menunjukkan jika alokasi anggaran untuk ketahanan pangan pada tahun 2015 mencapai 32,8 Trilyun. Untuk tahun 2016 dari anggaran Kementan mencapai 31,5 Trilyun sebagian besar digunakan untuk ketahanan pangan. Bahkan baru-baru ini dilakukan refocusing senilai Rp 4,3 triliun terhadap pagu anggaran tersebut untuk efisiensi dan efektifitas program kedaulatan tangan, termasuk juga anggaran untuk kegiatan pengembangan perkebunan.
Menteri Pertanian meyakini bahwa alokasi anggaran yang besar di Kementeriannya telah memberikan dampak yang nyata, berupa peningkatkan produksi pertanian nasional, realisasi perbaikan jaringan irigasi tersier yang mencapai 2,48 juta ha meningkat 458 persen dibanding tahun 2014. Realisasi bantuan alsintan mencapai 65.431 unit, meningkat 443,6 persen dibanding tahun 2014. Serta realisasi optimasi lahan mencapai 945.000 ha atau meningkat 561,9 persen dibanding tahun 2014. Berdasarkan ARAM ll BPS 2015, seluruh komoditas pangan (padi, jagung, kedelai, gula, daging sapikerbau, cabai, bawang merah) mengalami peningkatan jika dibandingkan tahun 2014.  Pada tahun 2015, produksi padi mencapai 74,99 juta ton GKG meningkat 5,85 persen dibanding 2014, jagung 19,83 juta ton meningkat 4,34 persen dibanding 2014 dan kedelai 983 ribu ton meningkat 2,93 persen dibanding 2014 (kontan, 2016). Sehingga kebijakan yang dilakukan Kementerian Pertanian sepertinya sudah tetap sasaran.

Instanisasi Pertanian
Mari kita kaji apakah upaya pemerintah telah berhasil menyelesaikan masalah fundamental pertanian? Apa yang dilakukan pemerintah saat ini melalui Kementerian Pertanian adalah interverensi terhadap usaha budidaya demi meraih produktivitas yang tinggi. Benih disiapkan. Pupuk subsidi tersedia. Irigasi diperbaiki. Menurut saya ini adalah sebuah inisiatif yang positif. Terutama untuk perbaikan irigasi, saya sangat mengapresiasi bahwa ini salah satu upaya strategis pemerintah untuk memastikan lahan petani bisa mendapatkan asupan air secara mencukupi.
Namun bagaimana dengan masalah lainnya? Persoalannya bukan karena petani enggan menggunakan benih, pupuk dan sarana pertanian. Bukan juga karena petani tidak adaptif terhadap inovasi. Hanya saja terdapat sejumlah persoalan membatasi akses petani kesulitan terhadap sarana produksi yang bermutu, antara lain.
Pertama masalah keterbatasan terhadap permodalan. Tanpa adanya bantuan dari pemerintah maka mustahil petani dapat mengakses sarana produksi.
Kedua, masalah tata niaga. Adapun terdapat dispiritas harga di tingkat petani dengan di tingkat konsumen karena tata niaga yang masih cukup panjang. Sehingga petani tidak bisa melakukan saving yang ia gunakan untuk membiayai aktivitas di on farm. Kementerian Pertanian (Kementan) menyatakan bahwa disparitas harga beras di tingkat petani dan di tingkat konsumen di Tanah Air cenderung tidak wajar. Dengan harga pembelian pemerintah (HPP) gabah di tingkat petani Rp 3.700 per kilogram (kg) untuk gabah kering panen (GKP) maka ketika dikonversi dan ditambah biaya olah menjadi Rp 6.359 per kg beras. Namun, yang terjadi saat ini konsumen ternyata harus membayar Rp 10.172 untuk setiap 1 kg beras (beritasatu.com ).
Sementara masalah di tingkat on farm semakin kompleks. Untuk mendapatkan tingkat produktivitas yang sama membutuhkan biaya produksi yang lebih tinggi. Hal ini diakibatkan kerusakan lahan dampak eksplorasi selama bertahun-tahun tanpa memperhatikan konservasi lahan. Di sisi lain laju konversi terhadap lahan pertanian juga cenderung meningkat setiap tahunnya.
Lalu bagaimana cara menyelesaikan berbagai masalah fundamental tersebut?
Menurut saya tidak bisa semata-mata dengan memberikan bantuan sarana produksi. Alokasi anggaran yang begitu besar untuk ketahanan pangan seolah memberikan angin segar bahwa semua masalah fundamental pertanian terselesaikan, dengan hasil petani sejahtera, produksi meningkat dan masyarakat bisa mendapatkan pangan dengan harga terjangkau. Namun menurut hemat saya tidak menyelesaikan masalah fundamental, dan lebih pada pendekatan yang bersifat instant. Mengapa saya katakana instant karena hanya merupakan penyelesaian jangka pendek.
Produksi meningkat? Ya.
Namun apakah peningkatkan itu akan berkelanjutan ketika kelak pemerintah mengurangi subsidi? Ini adalah pertanyaan dasar. Menurut saya apa yang dilakukan pemerintah adalah instanisasi kebijakan pertanian. Sekedar memberikan efek wow, terlihat sukses meningkatkan produksi pangan, namun tidak berkelanjutan karena setelah pemerintah tidak lagi mampu memberikan bantuan, maka bibit, pupuk, pestisida dan kredit kembali sulit diperoleh.
Apa yang Seharusnya Dilakukan
Apa yang dilakukan pemerintah untuk memperbaiki irigasi menurut hemat saya adalah langkah strategis dan memberikan efek jangka panjang karena memastikan jutaan ha sawah teraliri air. Tentu harapan saya focus pemerintah adalah melakukan langkah-langkah strategis semacam itu.
Untuk sarana produksi saya berharap petani tidak saja bisa mendapatkan ketika ada alokasi anggaran. Namun petani bisa dengan mudah mengakses saat ia membutuhkan dengan harga yang disubsidi demikian juga dengan pupuk dan sarana produksi lainnya. Hal ini bisa diawali dengan pengembangan kelembagaan petani yang kuat berbasis koperasi. Dimana penyediaan sarana produksi dikelola oleh koperasi dimaan pemerintah bisa menanamkan dana bergulir atau mengandalkan dana miliki petani yang dikumpulkan pasca kenaikan pendapatan dampak kenaikan produksi. Atau pemerintah bisa membangun toko-toko pertanian bersubsidi yang ada pada sentra-sentra pertanian dimana petani bisa mendapatkan sarana produksi dengan system kredit atau dipotong saat petani hasil kebunnya.
Sementara pada setiap desa terdapat lembaga-lembaga penyuluhan yang dengan tanggung jawab untuk radius atau luasan yang dibatasi. Para penyuluh ini tinggal di lokasi petani dan bertanggung jawab terhadap peningkatan produksi di wilayah binaannya. Sementara penyuluh yang ada tidak fokus pada satu tempat, dan jumlah binaanya sangat luas sehingga tidak efektif.
Di sisi lain harus pemerintah membangun lembaga keuangan yang siap menyalurkan kredit kepada petani dengan persyaratan yang ringan. Tentu saja dengan pemerintah sebagai penjamin. Atau dengan memperkuat koperasi yang nantinya bisa menjadi lembaga keuangan di pertanian.
Pendekatan Sistem
Beberapa waktu lalu Menteri Pertanian mencoba mengatasi masalah disparitas harga dengan cara membeli bawang dari Sembawa dan Brebes, lalu dijual ke Toko Tani Indonesia. Menurut menteri ini adalah cara untuk menurunkan harga di tingkat konsumen. Hanya sekali lagi ini adalah cara instant. Bahwa cara tersebut adalah cara jangka pendek namun tidak untuk menyelesaikan masalah dasar yakni rantai pemasaran yang panjang.
Hal yang menurut saya menggelikan adalah ketika mendapati karyawan Kementerian Pertanian berjualan bawang. Mengapa? Karena seharusnya tugas Kementan adalah menyusun regulasi agar terbangun system yang memastikan ketahanan pangan dapat diraih. Tentunya lagi-lagi saya menganggap ini adalah bentuk instanisasi kebijakan pertanian, sekedar melakukan aksi untuk menyelesaikan persoalan dalam jangka pendek.
Menurut hemat saya yang harus dibangun oleh Kementerian Pertanian adalah regulasi agar tata niaga pangan menjadi lebih sehat, terbangunnya kelembagaan petani yang kuat, serta membangun akses bagi petani terhadap sarana produksi, teknologi dan informasi. Saat ini Kementan berusaha menjadi ujung tombak terhadap upaya meraih kedaulatan pangan. Turun ke sawah sebagai simbol bekerja. Padahal sesungguhnya kinerja Kementan diukur bagaimana agar Dinas di tingkat Kabupaten berkinerja dan membina petani dengan baik, bagaimana agar kebijakan di pusat menggema hingga ke wilayah terujung di Indonesia, bagaimana agar SKPD daerah dapat bersinergi dan dapat dihadalkan mewujudkan swasembada pangan. Bagaimanapun Kementan adalah induk bagi Dinas di tingkat Provinsi dan Kebupaten untuk dapat menjalankan tugasnya sebagai ekskutor kebijakan pusat di bidang pertanian. Dan bukan sebaliknya, Kementan menjadi eksekutor demi mewujudkan kebijakan instant (@anwaradnan).

10 comments:

  1. PELUANG LAIN LAGI, APAKAH ANDA USAHA MAN / WANITA, A PEKERJA DI ORGANISASI, Wiraswasta? Membutuhkan pinjaman pribadi untuk bisnis tanpa stres, Jika demikian, hubungi kami hari ini, kami menawarkan pinjaman tahun baru pada tingkat bunga rendah dari 2%, Anda dapat memulai tahun baru dengan senyum di wajah Anda, keselamatan, kebahagiaan kami pelanggan adalah kekuatan kita. Jika Anda tertarik, mengisi formulir aplikasi pinjaman di bawah ini:
    Informasi Peminjam:

    Nama lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Sex: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
    Durasi Pinjaman: ____________
    Tujuan pinjaman: _____________
    Nomor ponsel: ________

    Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui email: gloryloanfirm@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

      Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

      Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

      Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

      Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

      Delete
  2. Halo, nama saya Sulis Susanti dari Indonesia, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu.
    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, aku jatuh korban penipuan oleh beberapa perusahaan pinjaman online, karena saya perlu sebuah perusahaan pinjaman yang jujur.

    Aku hampir menyerah, tidak sampai saya mencari nasihat dari seorang teman yang kemudian mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman pinjaman yang sangat handal JOY WILSON LOAN FIRM, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari 750 juta rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga rendah dari 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres.

    Saya ingin Anda yakin dan percaya diri bahwa ini adalah asli karena saya memiliki semua bukti pengolahan pinjaman ini termasuk kartu id, dokumen perjanjian pinjaman dan semua kertas kerja. Saya percaya Ibu Joy Wilson sepenuh hati karena dia telah benar-benar membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi perusahaan melalui email: (joywilsonloanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (sulissusanti971@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman

    ReplyDelete
  3. AKHIR TAHUN PINJAMAN DI RATE SANGAT RENDAH.
    Halo, aku Mrs. Sandra Ovia, pemberi pinjaman uang pribadi, yang Anda dalam utang? Anda membutuhkan dorongan keuangan? pinjaman untuk mendirikan sebuah bisnis baru, untuk bertemu dengan tagihan Anda, memperluas bisnis Anda di tahun ini dan juga untuk renovasi rumah Anda. Aku memberikan pinjaman untuk lokal, internasional dan juga perusahaan pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda dipersilakan untuk perusahaan pinjaman kami dan kami akan memberikan yang terbaik dari layanan kami.

    ReplyDelete
  4. Selamat siang,

    Kami adalah Pemberi Pinjaman yang Sah dan Terkirim. Kami meminjamkan dana kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, kami memberikan pinjaman kepada orang-orang yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi pada bisnis. Sudahkah anda mencari pinjaman? Anda tidak perlu khawatir, karena Anda berada di tempat yang tepat, saya menawarkan pinjaman dengan bunga rendah 2% jadi jika Anda membutuhkan pinjaman, saya ingin Anda menghubungi saya melalui email ini. Alamat: mobilfunding1999@gmail.com

    APLIKASI INFORMASI LOAN YANG DIPERLUKAN:

    1) Nama Lengkap: ............
    2) Jenis Kelamin: .................
    3) Umur: ........................
    4) Negara: .................
    5) Nomor Telepon: ........
    6) Pekerjaan: ..............
    7) Pendapatan bulanan: ......
    8) Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan: .....
    9) Durasi Pinjaman: ...............
    10) Tujuan Pinjaman: ...........
     
    Terima kasih

    ReplyDelete
  5. Saya Widya Okta, saya ingin memberi kesaksian tentang karya bagus Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan sebagian lain dari kata tersebut, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman yang curang di sini di internet, tapi mereka tetap asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

    Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya yang saya jelaskan situasi saya, kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang andal yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM dengan tarif rendah 2% dalam 24 jam yang saya gunakan tanpa tekanan atau tekanan. Jika Anda membutuhkan pinjaman Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

    Jika Anda memerlukan bantuan dalam melakukan proses pinjaman, Anda juga bisa menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah terpenuhi dalam pembayaran cicilan bulanan sesuai kesepakatan dengan perusahaan pinjaman.

    Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

    ReplyDelete
  6. kesaksian nyata dan kabar baik !!!

    Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyarataan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan

    Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar

    Anda tidak perlu membayar biayaa pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda

    untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.com
    dan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    ReplyDelete
  7. Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    ReplyDelete
  8. KESAKSIAN BAGAIMANA SAYA MENDAPATKAN PINJAMAN SAYA DARI PERUSAHAAN PINJAMAN DAN TERPERCAYA. Saya bernama Theresia Widiyasari dan saya tinggal di Australia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar berhati-hati karena ada penipu di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya mengalami kesulitan keuangan, dan karena keputusasaan saya, saya dibohongi oleh beberapa pemberi pinjaman online dengan nilai Rp75.890.000. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya yang merupakan seorang polisi merujuk saya ke sebuah perusahaan pinjaman yang sangat andal bernama DONNAHALL FUNDING LLC yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp950.000.000 dalam 24 Jam tanpa tekanan. Jika Anda membutuhkan pinjaman apa pun, cukup hubungi mereka sekarang melalui email: (donnahallfundingllc@gmail.com). Saya menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman karena saya melewati di tangan para pemberi pinjaman palsu.
    Jika Anda memiliki pertanyaan, hubungi saya: {theresiawidiyasari@gmail.com}

    ReplyDelete
  9. Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    ReplyDelete